Minggu, 01 Maret 2015

Sekilas Komunitas Blogger

Komunitas Blogger
Editing : Darma Kusumah
Akhir-akhir ini gue lagi penasaran sama dunia blog. Blog ini berbeda dengan media sosial kebanyakan. Di dalamnya kita bisa membuat tulisan apapun ide-ide kita atau informasi yang ingin kita bagi pada dunia maya. Layaknya sebuah website, blog bisa juga dijadikan website yang sifatnya personal page, blog juga bisa sebagai diary online kita. Dan masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan pada blog.

Ketertarikan gue akan sebuah blog, mungkin karena gue pengen juga bisa menulis walaupun hanya coretan belaka. Entah itu nanti menulis cerpen, puisi, kisah hidup gue, tulisan absurd gue, atau pun informasi yang berguna. Kemudian langkah awal, gue mulai mencari tahu lebih dalam lagi tentang dunia blog, ternyata diluar sana banyak sekali blogger-blogger hebat dan berprestasi. Kebanyakan dari mereka itu adalah anggota-anggota dari komunitas blogger. Ada banyak sekali komunitas blogger di luar sana. Dan yang gue tahu sepertinya dimasing-masing daerah dan kota-kota besar punya komunitas blogger tersendiri.

 Dari sekian banyak komunitas blogger yang ada, gue mendapati komunitas blogger yang kece-kece dan terkenal seantero Indonesia. Dan komunitas-komunitas ini sudah punya nama dimata para blogger Indonesia. Berikut ini gue bakal memperkenalkan sekilas komunitas-komunitas blogger yang sudah terkenal.

1. Kancut Keblenger
Kancut Keblenger
Sumber : http://www.kancutkeblenger.com
Pasti kamu merasa aneh ya. Nama komunitas ko Kancut Keblenger. Pasti ini komunitas gag bener nih. Hahahah... tenang aja ini komunitas baek-baek kok. Dan tentu ini adalah salah satu komunitas blogger yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan sudah pernah diliput dimana-mana, sudah pernah masuk majalah dan televisi.  Menurut pendirinya nama ini diambil ya karena supaya anti mainstream aja. Komunitas ini didirikan pada tanggal 28 Februari 2011. Bahkan komunitas ini sudah menerbitkan buku loh, dan masih banyak prestasi lainnya. Untuk kamu yang ingin ketularan prestasi kecenya bisa belajar banyak nih dari komunitas bloger ini. Dan yang ingin kepoin komunitas ini bisa dicek di sini Kancut Kebelenger.

2. Warung Blogger
Warung Blogger
Sumber : http://www.warungblogger.org
Sebuah komunitas blogger yang bermula dari group di facebook. Dan mulai terbetuk sekitar tahun 2011 tanggal 25 Mei. Nah ini rada enak didenger nih nama komunitasnya dan terkesan beneran kalo ini adalah komunitas blogger. Komunitas blogger ini menjunjung tinggi nilai kesederhanaan dan kebersamaan. Didalam komunitas ini selain ada kopdar juga ada games atau kuis bagi para warganya (sebutan member Warung Blogger), sehingga memberikan nilai keakbaraban melalui kegiatan kreatif-kreatif lainnya. Selain itu sepertinya didalamnya banyak sekali warga yang handal dalam mengelola sebuah blog. Lihat saja Warung Bloggernya disini. Layaknya sebuah web yang profesional bukan. Untuk kamu yang ingin belajar banyak tentang seluk beluk ngeblog bisa gabung disini, Warung Blogger.

3. Blogger Energy
Blogger Energy
Sumber : www.bloggerenergy.com/
Kamu pencinta super hero Power Ranger, dan suka dengan dunia tulis menulis di blog terutama blog yang sifatnya personal, kamu bisa gabung dengan komunitas ini. Percaya atau tidak admin di komunitas ini adalah mereka para Ranger sejati. Mereka akan memberikan kamu energi untuk selalu bersemangat ngeblog dan menjadikan kamu Blogger Personal. Blogger Energy ini berdiri dengan menjunjung nilai tinggi kebersamaan. Komunitas ini didirikan pada tanggal 09 Agustus 2012. Dan konon komunitas ini masih mencari di mana Bapak Pendiri komunitas ini, karena hingga saat ini pak foundernya belum balik-balik. Maka dari itu admin-admin pengrurus komunitas ini adalah mereka para Ranger tangguh. Dan di dalam komunitas ini ada award untuk para membernya. OK.. Untuk kamu blogger personal bisa gabung di komunitas ini. Dan yang ingin kepoin komunitasnya bisa cek di sini Blogger Energy.

4. Jamban Blogger
Jamban Blogger
Sumber : http://jambanblogger.com/
Untuk komunitas yang ini, gue belum bisa kasih info cukup banyak. Karena web / blog utamanya bersifat seperti forum, jadi kudu login dulu untuk ngubek-ngubek isinya. Dan gue belom jadi member forum dikomunitas ini. Tapi informasi yang gue dapat komunitas ini lahir sejak 10 Januari 2013, dan di dalamnya adalah mereka para blogger muda yang kreatif-kreatif. Jika kamu memiliki jiwa kreatif bisa gabung di komunitas ini. Dan yang ingin kepoin komunitas ini bisa gabung di Jamban Blogger.

Itu adalah kilasan yang gue buat tentang mereka-mereka para komunitas blogger yang sudah terkenal di Indonesia. Komunitas-komunitas tersebut adalah komunitas yang sangat hebat-hebat, yang bakal ngasih kamu banyak ilmu dan pengalaman. Sebenarnya gue ngebahas komunitas blogger ini karena gue binggung mesti masuk ke dalam komunitas yang mana. Semoga yang baca postingan ini adalah mereka yang sudah masuk ke dalam salah satu komunitas tersebut, dan bisa ngerayu gue supaya masuk di salah satu komunitas itu. Dan gue sebenarnya galau mau pilih komunitas blogger yang mana, gue juga rada malu-malu, cz gue merasakan sepertinya member komunitas-komunitas tsb adalah para master blogger.

KOMBUN
Sumber : Twitter
Oh.. iya.. selain ke-empat komunitas di atas, ada satu lagi komunitas blogger yang udah gue daftarkan diri gue. Komunitas blogger yang satu ini adalah komunitas blogger untuk para mahasiswa UNJ. Namanya adalah KOMBUN (Komunitas Blogger UNJ). Kombun ini terbentuk pada tanggal 4 Juli 2014. Hahahha.... KOMBUN ini masih bayi ya... Oh iya di member komunitas ini adalah kebanyakan mereka yang masih cupu dan baru belajar mengenal tenang dunia blogger, tapi ada juga yang udah jago-jago. Dan juga member KOMBUN ini kebanyakan adalah para aktivis kampus, dan mereka penuh prestasi. Untuk kamu yang punya blog dan seorang mahasiswa UNJ, boleh nih coba belajar blog bareng di KOMBUN ini. Untuk yang mau tau KOMBUN bisa cek di Twitter. Untuk website kombun masih dalam pembuatan katanya.

Intinya jika kamu suka dengan tulis menulis, bisa nih mencoba bermain dan belajar di dunia blog. Dan untuk mengembangkan ilmu kamu dalam dunia blog silahkan gabung dan belajar bersama dengan komunitas-komunitas blogger, terutama 4 komunitas yang tadi sudah dibahas. Kamu lebih tertarik dengan komunitas blogger yang mana nih..?

6 komentar:

  1. Oh, temennya Tiwi, ya? UNJ soalnya. :))
    Gue cuma gabung 2 komunitas. KK sama JB. Soalnya namanya absurd. Jadi khilaf gabung. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Yoga: iya baru kenal tiwi gue, kebetulan satu komunitas blogger di UNJ. Keren dong udah masuk komunitas blogger besar tuh..
      Klo gue blom nih.. pengen sih tapi masih malu" nih.. :p

      Hapus
  2. Wiiiw ada KOMBUN.
    Dulu kalau Ka Gia juga ikutan Bloggers Shout Out. Pernah denger gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bloggers Shout Out?? wah belom denger...
      boleh nih nnti di kepoin Bloggers Shout Outnya

      Hapus
  3. yang komunitas jamban blogger ini saya baru tau, kurang update saya

    BalasHapus
  4. KEB juga mantap :D hehe banyak event asik kok

    BalasHapus