Rabu, 04 Maret 2015

Mendesain Template Blog Itu Gampang Tapi Ribet

Sebelum di edit
Seperti yang udah gue katakan pada postigan Sekilas Komunitas Blogger, bahwa akhir-akhir ini gue penasaran dan mulai tertarik kembali dengan dunia blog. Awalnya sih karena kebetulan gue nyasar di komunitas blogger kampus. Sejak saat itu api semangat gue untuk menekuni blogging mulai ada, ya meskipun semangatnya fluktuatif. Dengan api ini gue coba meluangkan waktu untuk blogwalking, mencari-cari dan membaca-baca blog punya orang lain. Dan hasil dari blogwalking itu kadang nyasarnya ke tempat yang bener, dan kadang nyasar juga ke tempat yang gag bener. #IYKWIM

Saat-saat paling berat itu ketika udah nyasar ke yang gag bener, tau sendirikan tipu daya dunia maya jauh lebih dasyat dari pada dunia fana ini. Ketika nyasar gitu seolah gue terjabak dalam ruang nostalgia yang penuh dosa. Dunia maya ini seakan memanggil gue untuk klik sana, klik sini, scroll atas scroll bawah. Ok kembali ke jalan yang benar, gue gag mau bahas dosa gue. Dari blogwalking itu gue ketemu komunitas-komunitas blogger, member-membernya yang kece, dan blog mereka yang kece juga. Rata-rata blog mereka itu keren banget, mulai dari postingannya, templatenya, dan fitur-fitur yang ada pada blognya. Dan blog mereka itu bermacam-macam juga, ada yang gado-gadi ada pula yang sudah mulai mendapatkan niche dalam ngeblog. Iya klo diliat blog gue, sama sih masih gado-gado, tapi mereka itu jauh lebih kece, dan bahkan ada juga blogger yang usianya lebih muda dari gue. Sempat iri gue sama blogger-blogger muda itu.

Karena iri itu gue berpikir adakah gue yang terlalu tua untuk main blog. Oh tentu tidak, gue pasti bisa seperti mereka dengan blognya yang keren. Gue pengen blog ini juga keren, maka langkah awal supaya blog gue juga keren adalah mendesain ulang blog ini. Liat aja blog gue ini awalnya...

Sebelum di edit

Cukup biasa-biasa aja kan... Akhirnya gue keliling-keliling sendiri di dunia maya tanpa seorang guru, untuk mencari tentang template blog, desain blog, dan lain-lain yang akan mempercantik blog gue. dan akhirnya selama kurang lebih 6 jam. Hanya ini yang gue bisa lakukan. Lihat aja perubahan berikut...
Header dengan teks
Sebelum
Header dengan gambar
Sesudah

Antara sedih dan seneng sih.. Padalah ganti template blog itu gampang banget, tinggal download template bikinan orang trus upload deh ke blog kita. Tara... jadi deh... tapi tetap aja gue kurang puas, dan yang ribet itu mesti mengedit url page blognya, dan mengurai widget-widget yang tidak perlu dari template itu. Lalu gue coba dengan menambah widget menurut gue wah... Hmm.. hasilnya sih iya blog gue jadi ganteng... tapi jadi lola juga.. Cukup dah.. gue lelah.. Untuk saat ini gue cuma bisa kasih gambar di header blog gue. Tapi ke depannya lihat saja nanti.

Layaknya sebuah kehidupan, gue selalu mendapati bahwa rumput tetangga jauh lebih hijau, seakan-akan nikmat jika bermain dan berlari di sana. Gue pun luput, tidak menikmati apa yang ada. Bekerja sendiri untuk bisa bikin halaman ini menjadi se-hijau tetanggga. Padahal mungkin saja rumput hijau tetangga itu tidak ia usahakan sendiri, pasti ada yang merancang, membuat, dan memelihara, serta itu semua butuh waktu yang tidak singkat. Sehingga terjaga hijaunya. Kalo gue malah kerja sendiri, berharap dalam satu waktu langsung dapat selesai, akhirnya yang ada malah lelah sendiri.

Gue kewalahan mendesain template sendirian, seharusnya gue bikin rancangan dulu, baru dilaksanakan, dan kalo bisa minta bantuan teman yang sudah paham. Konsultasikan dan minta pendapat teman. Lalu di ubah setahap demi tahap. Kalo udah selesai baru dah tinggal dirawat aja.

Nah.. itu tadi cerita gue tentang blog, ngalor ngidul sih.. Tapi terimakasih udah dibaca...

8 komentar:

  1. Semangat buat redesign-nya kaka..
    Sama kayak gue dulu pas SMA, sering banget otak atik HTML blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe.... html di blog ternyata cukup ribet dari html biasa.
      Jadi kepengen ada lagi blogger training kombun yang bahas desain

      Hapus
  2. waah desainnya keren,boleh dong di share kode html nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... makasih...
      Yang sekarang ini pake template bikinan orang.. download aj..
      http://gooyaabitemplates.com/zikazev-simple-gray-blogger-template/

      Hapus
  3. Banyak-banyak belajar aja lagi Bang, gue juga gitu pas desain template. Salah kode sedikit, malah panik. Gagal di simpan, panik. Duh...

    Sekarang make template Kang Ismet nih yaa hehehe :D kalo urusan loading lambat, coba gunain template Mas Sugeng atau Kompi Ajaib aja, udah dibikin load speed pagenya Wusss deh hahaha. Tapi ini juga bagus kok, cuma udah di re-design orang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... thanks infonya..
      iya ini gw otak-atik dikit, tiap widget & menunya gw kasih icon

      Hapus
  4. Boleh minta bantu ya mas, ngedit template, blog saya masih bawaan templatenya, jhonmiduk8.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... ini juga templatenya boleh remake punya orang...
      antum anak kombun juga ya..? kalo ada kopdar datang aj

      Hapus