Selasa, 28 Juli 2015

Galau Template

Di bulan Juli ini cukup banyak teman-teman blogger yang mengubah ataupun membangun ulang template blog mereka. Dan bahkan ada juga yang membeli domain berbayar. Intinya cukup banyak teman-teman blogger -yang gue tahu- melakukan peremajaan terhadap blog mereka.

Dan akhirnya, karena sikap iri keluar, gue jadi pengen ganti template. Gue juga mau melakukan peremajaan blog. Sempat gue berburu cari template lagi yang mampu mencuri perhatian gue. Mulai dari Arlina Design sampai ke Sora Templates, serta beberapa web yang menyediakan template blog secara gratis, sudah gue jelajahi. Padahal template blog gue yang sekarang ini masih terbilang baru. Kurang lebih baru dua bulan gue menggunakan template yang sekarang.

Sebelum gue pakai template yang sekarang ini sebenarnya, di netbook gue sudah ada lebih dari 10 daftar template yang menarik perhatian gue. Tapi, entah gue akhirnya memilih template ini. Nama template-nya Live Ride, yang dibuat oleh Tomas Toman. Perpaduan warna aslinya adalah berwarna hijau, putih dan warna hitam muda pada main menu sidebar sebelah kiri. Namun, gue ganti kode warna hijau menjadi warna birunya Twitter, dan sekarang gue ganti warna birunya dengan warna merahnya Youtube.

Mau dikata apa? Niatnya gue juga nyari dan mau ganti template yang elegan serta kece seperti teman-teman gue -Tiwi, Yoga, Dicky, Nurul, dll. Tapi, gue belum bisa melakukan itu. Gue seperti sudah tersihir sama template gue yang sekarang. Kesan pertama saat gue lihat template Live Ride adalah simple dan unik. Tidak cukup banyak blog yang meletakkan main menunya di sisi kiri seperti sidebar. Karena uniknya itu gue pilih template ini.

Dan saat peristiwa itu terjadi. Peristiwa melihat template yang CSS-nya memukau. Gue langsung tergiur untuk ikutan mau ganti template. Seharian setelah blogwalking ke temen-temen yang sudah pada ganti template. Akhirnya, gue melirik ke template yang namanya ZenZero. Gue coba templete Zenzero itu di blog percobaan gue. Hasilnya menarik, unik, dan cukup keren. Tidak ada sidebar yang tampak dari Zenzero, sidebar-nya disembunyikan dan bisa dimunculkan saat mengklik ikon yang ada di pojok kiri bawah. Iya, mungkin terlihat sepi template-nya. Sepi seperti hati gue. Terlihat kosong dan lapang.

Namun, setelah gue pikir-pikir lagi. Gue mengurungkan rencana untuk pindah ke template Zenzero. Gue mencoba untuk jalan dulu selama setahun bersama Live Ride ini. Dan akhirnya gue tidak jadi mengganti template, dan hanya mengubah warna birunya menjadi warna merah yang sekarang. Ada satu kekurangan dari template Live Ride ini yaitu, miskin header, menurut gue. Header di template ini lahannya dikit banget. Jadi mungkin terlihat kurang saja.

Sudah, ya, segini dulu ceritanya. Kira-kira menurut kalian, bagaimana dengan warna baru dari template ini? Gue pilih warna merah karena, untuk menyambut bulan kemerdekaannya Indonesia nanti. Agustus. Selamat datang bulan Agustus. Selamat ulang tahun Adinda Thomas di 8 Agustus nanti.

Sekedar info berhati-hati saat menggunakan HTML Compressor untuk merampingkan source code template. Memang bisa merampingkan tapi, tulisannya jadi rapet-rapet. Jadi tidak indah lagi kode HTML bloggnya untuk dibaca. Gue sudah menggunakan itu dan luar biasa. Gue jadi mabok baca source code template gue yang sekarang ini. Untuk ganti warna dari biru menjadi merah butuh waktu berjam-jam. :(

Oh iya, ada satu lagi. Gue mau minta maaf karena, sudah lama tidak posting blog. Untuk blogku maafkan tuanmu yang sempat melupakanmu pasca lebaran. Pasca lebaran kebanyakan makan mecin jadi sedikit pelo gini, gue. Dan maafkan juga tuanmu ini yang sempat galau akan penampilanmu, blog.

Maaf ini mau pamitan malah nggak jadi-jadi.

See you ~

Live Ride modifikasi Darma Kusumah
Gambarnya masih hangat, nih.

54 komentar:

  1. Iya-ya. Akhir-akhir ini banyak yang pasang domain dan ganti template. Jadi kepengin jugaa. Aaaaaak aku iri-an. Irian Jaya. :/

    Lumayan juga ini tampilannya. Simple. Tapi agak kelihatan sepi, ya.. Sebelah kiri nggak bisa dikasih foto, tuh? Awkwk. ._.v

    Ganti template udah, kapan pasang domain? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ngerti ngasih fotonya. Jatah lahan headernya cuma 200 kali 50 px.

      Iya, kelihatan sepi, ya. Soalnya hati gue juga sepi, nih.

      Nggak tanya kapan kita nikah? Oke. Abaikan.

      Domain Insya Allah September mendatang. Doakan saja. :)

      Hapus
    2. Ngasih foto ada nggak ngerti, pantesan hatinya sepi. Ehhh.

      Oke. "Kapan kita nikah?"

      Aamiin, Nanti adain syukuran, ya. Tumpengan gituuu~

      Hapus
    3. Duh, typo. Elaaah. Gagal nge-bully. -____-

      Hapus
    4. wkwkwk, makanya jarinya cebok dulu sana.


      Tumpengan pasir pantai, mau?

      Hapus
  2. gue aja baru ganti template lagi :(. Gue gampang bosenan T.T

    tapi Dar, aku kurang suka warna tulisan Darna Kusumahnya. Agak gelap dan kurang cocok sama abu2nya.. Itu menurutku ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo? iya, gpp aku maafin.
      Nggak suka sama headernya, ya? Tapi sama orangnya bagaimana?


      Hehehe Harusnya warna merahnya lebih terang lagi? atau warna lain?
      Maklum itu aja bikinnya dari website, terus diedit dikit dan ditambah tag line di bawahnya itu. :(

      Hapus
    2. suka kok.. suka tabokin orangnya :p


      terserah kamu._.

      Hapus
    3. Thank you, Sist. Tabok sayang, kan. :p

      Hapus
    4. punya janji sama gue jg

      Hapus
  3. Hahaha, nggak boleh iri, Dar. Santai aja santai.

    Nggg... nama gue disebut. Asyik numpang tenar.

    Warna merah kagak ada hubungannya sama kemerdekaan nanti. Karena sebenernya bangsa kita belum merdeka. Ehhhh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya iri, gue orangnya juga gampang bosesnan. Sama kaya yang komen sebelumnya. *oke ini gue nyari temen.



      Merdeka secara luas mungkin belum. Tapi, setidaknya sudah merdeka dari penjajahan fisik dan perang. wkwkwkwkw

      Hapus
  4. Gue juga tanggal 8 Agustus *komen penting*
    Lebih adem yg biru deh Dar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Gue dapet satu tiket gratis makan. Gue tagih traktirannya, ya.
      Warna biru memang kece dan adem.

      Hapus
  5. bagus kok templatenya, keliatan simpel :)

    BalasHapus
  6. Ini udah mantap, Dar. Perpaduan warnanya pas, gak bikin mata cacar air.
    Dan bener kata lu, kurangnya template ini cuma di bagian header. Secuil doang lapaknya.

    Pokoknya, keseluruhan blog ini kece! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Thank you, Bro.
      Iya nih headernya miskin. Makanya sekalin galau template, gue juga galau akan header blog gue.

      Hapus
  7. Gak usah di ganti Dar.. gue seneng dgn template yg ini. Enak diliat, warnanya juga kalem. Kayak gue, kalem.

    Gue juga pengen sih ganti template. Tapi apa daya, gue enggak ngerti tentang HTML. :(
    Kalo ML sih ngerti.

    EEH APA TADI ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Lu seneng sama template gue? Tapi gue seneng sama lu. Gimana?

      ML. Gue suka itu, kok.
      Makan Lele, kan?
      Enak tuh apalagi kalau dicocol pakai sambel.

      Hapus
    2. Sama-sama. Yaudah, berarti kita sama-sama saling seneng. Ya gak dar?

      Ah iya, ML maksud gue makan lele.
      yaudah kapan dar?

      Hapus
    3. Kapan, apa?
      Kapan ML? emang gue janjiin ML bareng lu. Lagi ngirit gue.
      Yaudin kalo ketemu tagih aja. ku tunggu di rumahmu. Di surga. wkwkwkw

      Hapus
    4. Jaa-jadii.. selama ini janji yg lo ucapin ke gue lo lupain gitu aja ha?
      kecewa gue sm lo -__-

      Hahahaa.. oh iya baru ingat gue kita kan tetanggan.
      Gue disurga, lo di neraka. Hahaa

      Hapus
    5. Kalau janji yang satunya lagi gue nggak lupa, kok.

      Jahat.
      Masa gue di Neraka.
      Ok. Gpp gue di Neraka, lu di Surga. Yang penting lu seneng.

      Hapus
    6. Janji apaan? Gue aja lupa lu janji apa -__-

      Hahaa..
      Seneng banget gue Dar.. :D

      Hapus
    7. Janji naik ke panggung pelaminan bersama-sama.
      wkwkwkwk

      Hapus
    8. Hahahaa
      Lah kapan? dimana? Sama siapa?

      Hapus
  8. jangan galau dong :)
    templatenya simpel, saya suka

    BalasHapus
  9. kalo gue malah udah lama banget ga ganti template, lebih ke malas otak atiknya sih dan ceteknya ilmu design gue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, bang. Kadang memang bikin malas ngopreknya.

      Hapus
  10. Wah wah mau ganti template ya? Sekedar saran nih ya... kalo gonta-ganti template blog itu bisa mengurangi SEO blog itu sendiri. Udah tau kan kalo SEO itu cukup penting untuk sebuah blog? Jadi, saran gue, jangan suka gonta-ganti template blog. Kalo mau tampil beda dari template aslinya, edit CSS-nya aja. Jangan ganti templatenya :)

    Segitu aja dari gue, btw mampir lagi ya ke blog gue :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mau naruh link, tapi malah gak bisa. wkwkwk
      Jadi comment sebelumnya gue hapus aja XD

      Hapus
    2. SEO? Masih belum paham itu.

      Jangan gonta ganti templete nih.
      Tapi tiap gue bw ke blog lu, gue berasa lu ganti templete terus.
      Kece badai template lu, Za.

      Hapus
  11. kalo mau gampang baca kode coba editnya pake notepad++ itu ngebantu banget :D
    oh iya, gue entah kenapa lebih suka sama warna biru, Bang Darma .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok ada plus-plus-nya.
      Software apa tuh? wkwkwkwk

      Iya. Warna biru memang bikin nyaman, ya.

      Hapus
  12. bang gue enggak nemu perbedaan nya kok.
    yang gue tangkep cuman beda warna aja.

    maapin gue yang enggak peka ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yang bener.

      gue kan nggak jadi ganti template, cuma ganti warna menjadi merah Youtube.

      Hapus
    2. cowok emang enggak peka ya dar.
      itu diatas contohnya

      Haha baper dah

      Hapus
    3. Iya. Makanya gue nggak suka sama cowo.

      Hapus
    4. apalagi cowok yg diatas.. dia ga memahami kita

      Hapus
    5. Cowo yang di atas?
      Maksudnya, gue?

      Hapus
    6. Hmm. Bisa jadi.
      Menurut lu, bagaimana?
      *ini malah tanya balik

      Hapus
  13. Boleh saja iri kalo ke hal positif :D
    perasaan ga ada perubahaan'a sama template yg kemaren deh @@,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, emang. Kan di situ tertulis gue nggak jadi ganti. Tapi cuma ganti warna aja. Jadi warna merahnya Youtube.

      Hapus
  14. Entah kenapa gue selalu puyeng kalo berurusan sm CSS dan kawan2. Jadinya template gue ya ala kadarnya aja bawaan blogger. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp, bang. Simple yang penting bermakna dalem.

      Hapus
  15. Wakakak, abis lebaran kbnyakan makan mecin ama santen, jd gtu dah:| Blognya terabaikan..

    Mungkin lg musimnya ganti template kali ya? Asal bw ke blog2 lain psti pda curhat ttng ganti template deh, bkin ngiler aja sih :( Jd kpgn ganti juga kan.. Ehtapi aku blm lama ganti template, buat ngapus slider aja butuh waktu sbulan lebih :') *karna gak ngerti*
    Masih mabok HTML, nanti ajadeh gnti lagih..

    Oiya, ini aku liatnya di hp sih, jd gak trlalu kliatan, klo di pc kan asik lebar..
    Warna nya merah gini ya? Kliatan sangar.. Haha.. Coba biru aja, atau pink gtuu... Bhahaha :D
    Eh itu headernya nyempil di sebelah kiri kak? gak ngerti._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin, ini dampak dari tahun ajaran baru. Tahun ajaran baru samadengan template blog baru.

      Sering-sering kumpul saja. Banyak temen-temen Blogger Jabodetabek yang jago HTML. Mungkin, mereka bisa ngajarin.

      Gpp mabok HTML. Asal jangan mabok cinta. Apalagi kalau cintanya itu sama gue. :p

      Sebelum merah, memang warna biru, kok. Akhir bulan ini, nanti juga diganti biru lagi.

      Iya headernya gitu, masa. bawaan template. belom dioprek lagi supaya rata tengah.

      Hapus
  16. saya juga mas, tapi saya krena saya udah bosan sama template lama

    udah buka-buka sora template sama btemplate buat nyari yg baru
    tapi rasanya gk ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehhe. dinikmati aja dulu kali, ya, dengan template yang lama.

      Hapus
  17. saya juga baru ganti kemarin. template lama rada bermasalah dan saya bingung buat benerinnya makanya saya ganti aja sama yang baru sekarangg. emang bingung milihnya di saya ada 20 dan udah banyak yg dihapus

    BalasHapus