Rabu, 11 Maret 2015

Belajar dari Blogwalking

Belajar dari Blogwalking
Belajar dari Blogwalking
Kali ini gue menemukan setitik hobi baru. Blogwalking. Iya Blogwalking, hmm.. bukan hobi juga sih. Tapi gue menemukan semacam ketertarikan yang baru gitu. Jadi blogwalking ini akan menjadi daftar aktivitas baru gue dalam tiap minggunya, minimal seminggu sekali gue blogwalking. Yang belom tau blogwalking itu apa gue jelasin dulu sedikit. Blogwalking ini terdiri dari dua kata, yaitu blog dan walking = berjalan. Jadi artinya blogwalking itu adalah blog berjalan. Bingungkan... Maksudnya kita melakukan aktivitas berjalan-jalan di blog milik orang, lalu kita kepoin ada apa aja di blog orang itu, trus kita tinggalin jejak di blog itu dengan berkomentar di blognya. 

Intinya sih jalan-jalan di blog orang trus ninggalin jejak dah.. Lalu apa manfaatnya dari blogwalking..? Untuk menjawab itu, gue bakal kasih cerita gue dulu tentang blogwalking ini. Nanti Lu cerna sendiri dah tuh manfaat dari blogwalking. Begini ceritanya...

Kala itu gue lagi pengen banget ganti template blog gue.. Akhirnya gue jalan-jalan dah tuh di google.com. Gue jalan-jalan dah di situ, nyari-nyari template yang bagus dan cocok buat gue, trus gue donwload sana-sini. Akhirnya ketemu dengan template gue yang sekarang ini.. namanya zikazevsimplegray. Nah.. untuk yang mau tau template blog lama gue baca nih di Mendesain Template Blog itu Gampang tapi Ribet.
Template baru
Template baru

Terus selain gue mau ganti template blog, gue juga mau tau trik-trik mendesain template sendiri ataupun trik bikin widget. Akhirnya gue nyasar dah nih ke blog (gag tau sih blog apa website) yang pengelolanya tu kayanya master dalam otak-atik html template blog. Yang pertama itu Blog Kang Ismet & Kang Rian. Kalo gue cermatin blog mereka desainnya mirip-mirip ada sidebarnya dibagian kiri, trus menariknya lagi panggilan mereka sama-sama pake kata Kang -akang-akang sunda kali ya mereka-.

Secara teknis gue belom punya guru yang gue pinta buat ngajarin gue tentang seluk beluk dunia blog, dan gue juga belom daftar ke komunitas blogger. Yaudah karena gue butuh guru buat ngajarin gue tentang blog, akhirnya gue masukan Blog Kang Ismet & Kang Rian sebagai blog pembimbing gue. Sebenarnya di luar sana juga banyak blog yang menyediakan trik ngeblog. Tapi gue udah terlanjur tertarik dengan blog mereka. Dari blogwalking ini cukup banyak hal yang gue dapat petik ilmu dan pelajarannya. Mulai dari desainnya, sampai postingannya. Dan mereka ini kayanya juga jago bikin template blog sendiri, di blog mereka ada tu template free yang mereka bikin sendiri. Gue jadi pengen ngoprek xml templatenya, pengen bisa bikin template sendiri. Ada lagi nih blog yang bakal ngajarin gue bikin template sendiri. Blognya Noval Bintang.

Selain ilmu blog yang gue dapet waktu blogwalking ada lagi nih, kalo gue lagi buntu nyari ide bwat posting blog, gue juga melakukan ritual blogwalking. Baca-baca postingan blog orang trus ninggalin komentar dah.. Dari ninggalin komen itu blog gue jadi ada yang baca.. ya walaupun belom rame. Tapi minimal ada lah tiap harinya yang nyasar ke blog gue.

Blogwalking itu kalo di dunia nyata ibarat silaturahim. Bisa nambah rejeki blog (baca: pembaca blog), dan memperluas penyebaran nama blog gue ke blog orang lain. Jadi sedikit-dikit orang lain tau blog gue. Bagaimana udah tau kan manfaat blogwalking. Kalo belom coba baca lagi dah dari awal, kalo masih belom tau juga berarti emang tulisan gue yang sulit dimengerti. Maklum masih amatiran. Kesimpulannya blogwalking = silaturahim di dunia maya.

5 komentar:

  1. tuuuh kaaan.... mantep kalau sering blogwalking...haha Darma blogger kece niih

    BalasHapus
  2. #KepoBlog juga dong ke www.evisyahida.com :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syuudah non..
      Izin taro dimenu tukar link blog ini ya

      Hapus
  3. keren artikelnya, bantu nambah ilmu buat ane buat naikin traffic jualan ane www.jaketmurahbandung.com :D

    BalasHapus