Senin, 19 Oktober 2015

Sok Sibuk

Mantap. Iya mantap. Sudah dua minggu gue nggak update pos blog. Terakhir itu tulisan di awal bulan ini tentang Lebaran Kurban. Itu juga tulisan nunggak dua minggu sebelumnya. Apa secara nggak sadar gue update blog setiap dua minggu kali, ya? Sedih banget. Setiap dua minggu satu pos. Kan, kasihan pembaca setia blog ini pasti sangat menanti nanti tulisan masterpiece gue. Terus pasti mereka selama selama dua minggu menanti bakalan gabut dan gegana (gelisah, galau, merana). *Ok ngaco, gue kepedeean.

Setelah melewati hari minggu tanggal empat kemarin, gue berencana mau ngerjain tugas akhir gue. Skripsi. Iya, gue sedang menjalankan tugas akhir kepenulisan membuat skripsi. Sudah telat satu semester gue lulus. Sekarang gue sudah semeser sembilan. Tua, ya. Tapi, banyak yang nggak percaya kalau gue sudah semester sembilan. Secara gitu wajah gue awet muda. Baby face banget.

Saat itu, gue lagi sadar-sadarnya mau ngerjain skripsi. Mulai baca-baca bahan yang perlu dicari dan bolak-balik ke sekolahan lagi. Namun, tiba-tiba guru tempat PPL/PKM dan tempat penelitian itu minta tolong ke gue buat bantuin edit dan rapihin buku paket pelajaran yang sedang ia buat. Awalnya dia sms menanyakan apakah besok gue ke sekolahan. Karena gue masih ada beberapa penelitian, tentu gue masih ke sekolahan itu lagi. Pikir gue tidak ada salahnya bantu-bantu dikit paling cuma beberapa lembar doang yang gue bantu. Dan zeger ternyata gue harus merapikan dua buku paket tiga ratus halaman. Sedikit, sih. Tapi, ini menambah kerjaan lagi. Gue harus membagi waktu. Belum lagi masalahnya adalah di netbook gue. Netbook gue ini nggak pakai OS Windows dan nggak ada Microsoft Wordnya. Jadi, kalau ngerjain buku paket itu gue harus pinjam netbook teman gue yang sedang tidak dipakai.

Karena cuma dikasih waktu dua hari pengerjaan, fokus gue langsung berganti untuk mengerjakan tugas baru gue. Gue mulai dari cari netbook pinjaman, mohon-mohon ke teman, dan akhirnya dapat. Selama dua hari pengerjaan gue nggak kemana-mana. Tapi, gue masih ingat sama mandi. Mandi gue masih tetap dua kali sehari, Makan juga masih terjaga polanya. Setelah dua hari pengerjaan akhirnya selesai juga. Gue kirim tugas itu ke gurunya.

Dan gue memulai melanjutkan ngerjain tugas akhir. Ternyata masih ada data yang belum gue dapat. Gue harus melakukan wawancara kepala sekolah tempat gue melaksanakan penelitian. Baru lepas dari tugas pengerjaan dua buku itu, ternyata guruya masih butuh bantuan gue. Menambahan beberapa hal yang perlu ditambahkan. Sebenarnya gue mau nolak kasih bantuan. Tapi, gue nggak enak bilangnya. Dan nggak berani juga.

***

Terlalu baik dan bodoh itu beda tipis, ya. Jauh di semester sebelumnya saat gue masih PKM bersama teman-teman di sekolah ini, gue bela-belain ngerjain tugas membuat laporan PKM yang seharusnya berkelompok gue malah menanggung pembuatan laporan sendirian. Iya sendirian. Teman-teman gue yang lain sedang kerepotan melaksanakan penelitian. Kebetulan secara acak mereka, teman teman gue, terpilih dalam tim penelitian. Penelitian yang mereka gunakan juga untuk skripsinya.

Karena teman gue ini lagi repot, entah apa yang ada di kepala gue, gue sok banget bikin sendirian pelaporan kelompok PKM. Tidak sepenuhnya sendirian, sih. Teman yang lain menambahkan beberapa hal yang perlu ditambahkan. Memang hasilnya tidak maksimal. Tapi setidaknya kelompok PKM gue bisa mengerjakan pelaporan tepat waktu.

Di semester selanjutnya setelah PKM berlalu dan teman gue itu pada lulus. Gue mulai melanjutkan ngerjain tugas akhir. Dan lagi. Gue mendapat job lain. Gue harus membantu kakak tingkat gue untuk merevisi skripsinya. Karena ini perintah dosen untuk gue membantu kakak tingkat itu. Beberapa minggu gue bantu mengerjakan, sampai akhrinya gue sakit. Hahahaha. Ngerjain revisian doang sampai sakit gue. Lemah. Dan kacaunya semangat gue mengilang untuk mengerjakan skripsi gue sendiri. Parah banget gue. :(

***

Hmm. Sebenarnya cerita di atas bukan sepenuhnya alesan gue sibuk sana sini tidak mengerjakan skripsi. Tapi, karena kurangnya rasa disiplin gue untuk mengerjakan skripsi. Seharusnya gue bisa membagi waktu. Waktu gue untuk ngerjain skripsi, waktu berleha-leha, waktu pengerjaan bantu sana-sini, waktu untuk keluarga, teman, dll.

Sudah, ah. Bahas skripsi, gue mulai baper. Dan tulisannya juga kali ini loncat sana sini. Tapi, biarin yang penting gue update blog. :p

49 komentar:

  1. kita samaan gan udah tua jadi mahasiswa akhir nih. Skripsi emang gakj bisa ditinggalin takutnya dosen pembimbing malah ninggalin kita. Haduh

    trapi yang nam,anya ngeblog gak apa-apa kok munculnya gak jelas asal update-an nya seruy. Jangan tiba-tiba ngilang dan tenggelam. hehehew..

    selamnat datang kembali gan, sekalian nih buat acara sel;ametn lagi nih

    BalasHapus
  2. Hahahaa lemah lu. Ngerjain revisian doang sampai sakit. :P
    Semangat semangat! Ngerjain skripsi sendiri juga harus semangat. :))

    Hahahaa ada pembagian waktu yang kurang tuh. Waktu untuk mesum. Lu juga harus bisa mengatur waktu itu.

    BOHONG. LU KAN NGGAK MANDI DUA HARI WAKTU ITU.

    Hmm. Salam ya buat Wira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Terima kasih.

      Waktu mesum? Hmm. Itu nggak usah diingetin. Itu sudah auto pilot. :p

      Sok tau lu. :p

      Bodo amat sama Wira. Huh.

      Hapus
  3. Hahaha kuatkan dirimu nak! Skripsi memang kejam, tapi revisian skripsi kadang jauh lebih kejam dari ibu kota :)))

    BalasHapus
  4. Hm... baru semester 6 nih. Segitu seremnya apa sampe mau ngerjain aja ditunda-tunda? :/

    Udah nggak usah ngerjain skripsi. Ngeblog aja seru. :D

    BalasHapus
  5. Selamat menguatkan diri menghadapi skripsi ya, Dar. Minum obat kuat deh biar semangat.

    Ciyeeee, Darma si cowok rela berkorban. Rela sakit demi bantu ngerjakan punya kakak tingkat. Rela mati demi skripsi sendiri. EH. Jangan sampe deh ya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup di semangatin sama Wulan, itu sudah bikin gue ngegas, kok. :p
      *semoga dia baca. :p

      Lu mau gue mati. Ok. Lu jahat.

      Hapus
  6. Kayaknya susah banget yaa ngerjain skripsi. Jadi pengen cepet-cepet lulus SMK terus Kuliah. =D

    Semangat bro ngerjain skripsinya! =D

    BalasHapus
  7. Skripsi'a tunda aja, bikin pusing nyusun skripsi hahaha :D

    BalasHapus
  8. ngerjain skripsi harus semangat, biar cepet selesai :D

    BalasHapus
  9. skripsi itu kayak kanker, awalya ga berasa tapi tiba2 bisa membunuh. fyi gw ngerjain skripsi dalam waktu 2bulan, lulus?
    iya gw lululs dengan nilai yang sangat minimalis :"(

    BalasHapus
  10. Hahaha, aku juga paling keren bisa post 1 kali seminggu. Malah kadang 2 minggu gak ada post sama sekali. Dan betul, tuh kadang malah kurangnya disiplin yang bikin lama bikin skripsi :( Good luck, ya. Semangat, kan udah banyak yang doain :p

    BalasHapus
  11. Sering sering maen dan piknik bang.. banyak inspirasi :D

    BalasHapus
  12. Lagi-lagi baca tulisan tentang skripsi. Seseram itu ya skripsi :(

    Mending mah, ditengah sibuk bangetnya sempet ngeblog. Lah aku, udah gak sibuk banget, males ngeblog lagi :(

    Semangat nyelesain skripsinya yaaa^^

    BalasHapus
  13. semangat bang.....
    jangan terlalu banyak kerjaan bang
    semoga abang menjadi abang yang berguna ya

    gue komentar ga nyambung aja ah

    BalasHapus
  14. Ngatur waktu tuh emang.......nganu. ngga gampang. Semangaaattt!

    BalasHapus
  15. gue kalau denger orang ngomongin skripsi kok bawaannya kaya merinding merinding gitu ya, haha entah kenapa. gue malah sebaliknya, kalau lagi ada kesibukan malang kadang suka lupa mandi dan bahkan gak mandi sama sekali :X

    BalasHapus
  16. Ciee yg sibuk bkin skripsi.. Pantes jarang nongol skrg :p Haha. Smga cepet kelar ya skripsinya! :D kyaknya skripsi ini emg hrs pnya wktu sndiri ya? Susah kalo wktunya dibagi2 buat ngrjain yg lain. Huh, dasar skripsi manja! Bhahaha. Mending difokusin ke satu hal yg bener2 hrs dikerjain aja kak, biar cepet kelar urusan, tanpa beban dah. Btw, aku ngmong apaan ini ya? Haha

    BalasHapus
  17. Pantesan gue akhir akhir ini sering gabut dan gegana, padahal baru pertama kali main kesini :(

    Skripsinya apa kabar?

    BalasHapus
  18. Hahaha baperan parah sampe lupa sama skripsi sendiri. Yang lain udah pada lulus.
    Yang penting update blog, yeahh. :D

    BalasHapus
  19. skripsi ya?
    bahahah selamat selamat...
    selamat dibikin pusing sama dosen pembimbing...

    BalasHapus
  20. SEMANGAT GAN SKRIPSINYA ,,


    padahal gue sendiri judul aja belom dapet .

    BalasHapus
  21. hahaha semoga amal baik lu diterima disisi-Nya y dar.
    nikmati dan nonton drama korea aja dulu atau hibernasi ke gunung/pantai (me time) , biar g tegang" bgt..
    ajarin gw ngeblog dong..

    BalasHapus
  22. Semangat gan!
    Orang tua menanti kau diwisuda :D

    BalasHapus
  23. Hadeh.. so sibuk.. tapi sukseslah kawan

    BalasHapus
  24. iyatuh semacam terlalu baik jadinya dimanfaatin :D .. sukses yaa :)

    BalasHapus