Senin, 06 Juli 2015

[Tantangan #PojokWB] Cara Merawat Motor

Motor. Siapa sih yang tidak tahu kendaraan roda dua ini? Hampir sebagian besar warga Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya pasti memiliki motor. Dan memilih motor sebagai salah satu moda trasportasi yang dinilai efektif serta efisien.

Ditengah kemacetan jalan raya di Ibukota motor dengan mudahnya selap-selip kiri-kanan menyalip diberbagai kendaraan roda empat. Karena sifatnya yang efektif dan efisien, maka motor menjadi salah satu pilihan untuk memiliki kendaraan pribadi.

Pada postingan kali ini gue mau berbagi sedikit cara mewarat motor. Sebenarnya tema postingan ini adalah pesanan dari Mba Susindra. Jadi begini ceritanya, beberapa waktu lalu di grup WhatApps #PojokWB sedang ramai untuk mengadakan tantangan. Tantangan beruntun dengan tema penulisan yang berbeda sesuai pesanan si penantang. Nomer sebelumnya menantang nomer selanjutnya dan nomer selanjutnya menantang nomer berikutnya, dan dengan tema penulisan sesuai permintaan si penantang kepada yang di tantang. Dan gue ikut ini sekedar untuk meramaikan serta sebagai cara agar gue bisa berkenalan dengan warga #PojokWB.

Cara Merawat Motor
Baiklah, tidak perlu berlama-lama berikut ini cara merawat motor agar motor kita tetap terjaga kualitas performanya. Cekidot.
  1. Harus punya motor. Sudah jelas, dong. Ini kan kita lagi bahas cara merawat motor, kalau tidak punya motor terus mau rawat motor siapa? Motor majikan. :p
  2. Harus punya uang. Ini penting karena di zaman sekarang uang sudah hampir menjadi kebutuhan primer. Yang namanya perawatan sudah tentu harus punya uang. Kalau tidak punya tidak apa juga, sih? Tapi perawatanya mungkin hanya sekedarnya. :p
  3. Yang belum punya motor coba beli motor dahulu. Biar tips ini bisa dipraktikkan. Setelah membeli motor baru jangan digunakan untuk membawa beban yang telalu berat. Jalankan motor dengan kecepatan yang stabil agar mesin motor tahan lama dalam jangka waktu yang panjang.
  4. Manfaatkan gratis service motor, ganti oli 3 kali jalan. Kalau sudah tidak ada gratis sevice maka gunakan uang anda untuk service motor di service center yang sesuai dan terdekat.
  5. Lakukan tune up atau perawatan secara berkala. Setidaknya setiap 2 bulan sekali ke bengkel yang terpercaya.
  6. Lakukan pemanasan motor sebelum digunakan. Panaskan selama 5 menit saja sudah cukup.
  7. Rajinlah cuci motor. Kalau malas mencuci motor gunakan uang anda dan datanglah ke steam motor terdekat serta terpercaya. Ini dilakukan agar motor kita sehat luar dalam.
  8. Hidari motor dari paparan sinar matahari langsung. Kalau parkir sebaiknya cari di tempat yang teduh. Karena jika terkena sinar matahari langsung ini akan merusak body motor, dan motor menjadi geseng. Kasihankan motornya jadi hitam. :(
  9. Jangan mengendari motor terlalu cepat. Karena untuk penyesuaian dengan rantai motor agar tidak bermasalah.
  10. Gunakan bensin yang berkualitas. Layaknya manusia kalau kita makan sembarangan tentu kita bisa sakit. Begitu juga dengan motor jika bensinnya sembarangan motor bisa sakit, dan mesin motor menjadi tidak tahan lama. Motor bisa saja mogok untuk dinyalakan.
  11. Saat melakukan semua cara di atas jangan lupa bacalah Basmallah. Karena segala sesuatu pekerjaan yang tidak didahulukan dengan Basmallah semua itu akan sia-sia dan tidak bernilai ibadah.

Oke. Itu saja tips dari gue tentang cara merawat motor. Semoga tipsnya bermanfaat dan bisa di laksanakan dengan baik.

Akhir kata gue mau ucapkan terima kasih kepada Mba Susindra. Dan untuk melanjutkan tantangan ini saya mau menantang Nabela menulis dengan tema disabilitas. Karena gue berkuliah dijurusan pendidikan khusus, gue mau tahu arti disabilitas menurut orang lain yang non-pendidikan khusus.

Oh iya, ada satu fakta tentang diri gue. Sebenarnya gue ini tidak bisa naik motor dan gue juga tidak punya motor. Jadi apakah kalian percaya dengan tips yang sudah gue berikan tadi? Percaya sama gue musrik, loh. Karena Rukun Iman hanya ada enam. Dari keenam Rukun Iman itu tidak ada gue di dalamnya. :p

Jika ada tambahan tips cara merawat motor, silahkan komentar di kolom bawah!

Terima kasih. See you ~
Tulisan ini dibuat dalam rangka tantangan #PojokWB.

45 komentar:

  1. Darma kenapa gabisa naik motor? Sini2 aku ajarin hahaha

    BalasHapus
  2. Poin ke 8 bunyinya "Hindari motor dari paparan sinar matahari langsung", pake Sunblock sekalian supaya aman dari sinar matahari hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ide yang bagus itu, Rud. Tidak terpikirkan sebelumnya sama gue. Briliant.

      Hapus
  3. Warbiasak ya tips-tips dari kak Darma x)))

    BalasHapus
  4. Haha, tipsnya rada-rada nih :D :D

    BalasHapus
  5. wahahaa iya juga ya kalau ga punya motor ya ga bisa ngerawat juga sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga kok. Rawat motor orang sih. Nanti lu tinggal minta jatah perawatannya sama siempunya motor.

      Hapus
  6. haha, ya iya lah harus punya motor dulu, masa mau ngerawat motor tapi motornya belum ada, kan lucu :D :D

    BalasHapus
  7. Kalo yang warna motornya hitam gak masalah dong terpapar sinar matahari langsung :D

    BalasHapus
  8. Nomer 9 baru tau lho...
    Itu gmana kabarnya motor yg suka buat kebut2an... kasian rantenya... #eh

    BalasHapus
  9. Buahahaha... Darma.
    Super sekali tipsnya :))

    BalasHapus
  10. Wakakaka, lu nggak bisa naik motor, Dar? Ya Allah. :(

    BalasHapus
  11. semoga dengan membaca tips ini,masdar bisa naek motor secepatnya. alfatehaaah!!??

    BalasHapus
  12. hmmm dikirain bikin tips ini mas darma bisa naek motor ternyata engga toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe... hanya membantu semoga bermanfaat.

      Hapus
  13. ahhahahhaa enggak bisa naik motor.. wooooooooo :D
    Tapi tips yg kamu tulis, ada benernya sih

    BalasHapus
  14. hahaha kalau harus merawat motor motornya ga ada ,,, terus apa yang mesti di rawat ? orang judulnya aja merawat motor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu nggak punya motor? tapi mau ngerawat? Rawat aku saja. :)

      Hapus
  15. Terima kasih mas Darma. semoga artikel ini beruntung di pejwan ya.... ;)

    BalasHapus
  16. Luar biasa tipsnya, tapi sayangnya gue nggak punya motor. Jadi tips dari lo harus gue relasasikan kemana nih? :(

    BalasHapus
  17. gue juga gabisa ngendarain.. toss dong

    BalasHapus
  18. Motor gue dongg.. jarang dicuci. Hahaha.

    BalasHapus
  19. boleh juga nih ane coba. BTw, itu cara pertama lumayan ngeselin. "Harus punya motor" ya gue juga tau kalik! hehehehe

    BalasHapus
  20. boleh juga nih ane coba. BTw, itu cara pertama lumayan ngeselin. "Harus punya motor" ya gue juga tau kalik! hehehehe

    BalasHapus